2.1 Memimpin upaya pengembangan lingkungan belajar yang berpusat pada murid.
Tingkat Kompetensi
Berkembang
Layak
Cakap
Mahir
Mengajak guru untuk mengembangkan kelas sebagai sistem sosial yang mewujudkan merdeka belajar.
Melibatkan seluruh warga sekolah untuk berpartisipasi dalam mewujudkan lingkungan belajar yang aman dan nyaman bagi aktivitas murid dan guru sehingga senantiasa terwujud merdeka belajar.
Memastikan dan membangun komunikasi serta interaksi persuasif seluruh warga sekolah dalam berpartisipasi mewujudkan lingkungan sekolah yang kondusif, aman, dan nyaman bagi aktivitas murid dan guru sehingga senantiasa terwujud merdeka belajar.
Mengembangkan sistem yang memastikan masukan dan aspirasi murid sebagai pertimbangan dalam penyusunan kebijakan dan praktik belajar pada level kelas dan sekolah dengan dukungan dari warga sekolah yang lain untuk mewujudkan lingkungan belajar yang kondusif, aman, dan nyaman bagi aktivitas murid dan guru sehingga senantiasa terwujud merdeka belajar.
INDIKATOR DAN BUKTI FISIK
2.2.1 Memimpin pertemuan guru untuk merencanakan proses belajar yang berpusat pada murid.
Bukti Fisik
NO
BUKTI UTAMA
LINK
1
Administrasi Penyusunan Program ( Undangan, daftar hadir, notulen )
Program Pengembangan dan Perawatan Lingkungan Sekolah yang mengakomodasi masukan dan aspirasi murid dan melibatkan murid ( didalamnya ada program pengembangan kelas sebagai sistem sosial yang mewujudkan merdeka belajar )